Blog Ilmiah Digital Dosen

Menu
  • Home
  • NgoPi
  • Kasih
  • Informasi
  • Download
    • Hadist
    • Tafsir
    • e-book
  • Kampus
  • Etc

Jumat, 15 Desember 2023

MAKNA BADAL PERSPEKTIF SUFISTIK ( Kajian Jurumiyah)

By Syair Syi'ar Kearifan Guratan Digital DosenDesember 15, 2023 Tidak ada komentar

 


MAKNA BADAL PERSPEKTIF SUFISTIK ( Kajian Jurumiyah)

إذا أُبدِلَ اسمٌ مِن اسم أو فعلٌ مِن فعلٍ تَبِعَهُ في جميع إعرابِهِ.وهو أربعة أقسام  : بَدَلُ الشيء مِن الشيء، وبَدَلُ البَعضِ مِن الكُلِّ، وبَدَلُ الاِشتِمَال، وبَدَلُ الغَلَطِ.             

"Jika Isim atau Fi'il digantikan dengan posisi yang sejenis ( Isim dengan Isim atau Fi'il dengan Fi'il), maka dalam struktur l'rab ( syakalnya) harus beridentitas sama. Badal, terbagi ke dalam 4 ( empat) bagian, yaitu : (1) Bada al-Syai' Mina al-Syai'  atau Bada al-Kul Mina al-Kul ( 2 ) Bada al-Ba'dhi Mina al-Kul, (3) Bada al-Isytimal dan (4) Bada al-Ghalt".

Deskripsi di atas, itu realita pemaknaan perspektif disiplin Ilmu Nahw. Andai digusur ke ruang khusus perspektif Sufistik, tentu dimensi tilikan dan orientasinya berbeda. Mengingat, gaya bahasa (style language) yang berbicara adalah gramatikal rasa dan hati, bukan artikulasi lahiri.  Wujud faktualnya sebagai berikut :

Pertama, Badalu al-Syai' Mina al-Syai' atau al-Kul Mina al-Kul ( بدل الكل من الكل) adalah representasi dari individu atau kolektif yang secara total telah mengganti/menukar seluruh urusan duniawi dengan urusan ukhrawi. Mengingat, bagi mereka urusan duniawi dianggap tidak ada artinya, hancur lebur ( fana). Sementara urusan ukhrawi, sungguh amat sangat berarti, kekal serta abadi.

Badal al-Kul Mina al-Kul, adalah komunitas para ahli makrifat (yakni,  mereka yang sungguh sudah kenal akrab dengan Allah). Diungkapkan dalam sebuah sya'ir, " Hati para ahli makrifat, bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia pada umumnya. Mereka punya sayap tanpa bulu yang bisa terbang hingga merapat di puncak singgasana Rabbul 'Alamin" :

( قلوب العارفين لها عيون ... ترى ما لا يراه الناظرونا
وأجنحة تطير بغير ريش ... إلى ملكوت ربِّ العالمينا

Dan di akhirat kelak, wajah mereka berseri-seri seraya melihat Tuhan secara nyata, (al-Qiyamah : 22-23).

Ke-dua, Badal Ba'dhi Mina al-Kul ( بدل بعض من الكل ), adalah representasi dari individu atau kolektif yang telah mengganti/menukar segala sesuatu yang dianggap maksiat dengan perbuatan taat.

Badal Ba'dhi Mina al-Kul ( بدل بعض من الكل ), adalah setingkat di bawah para ahli makrifat, yakni komunitas yang rajin beribadah ( al-'Abidun). Sehingga Allah mengganti kejelekan mereka dengan kebaikan ( Al-Furqon : 70).

Ke-tiga, Badalu al-Isytimal, ( بدل الاشتمال ), adalah representasi dari individu atau kolektif, yang selalu dihantui oleh rasa fesimis dan oftimis. Fesimis, karena khawatir dan takut akan adzab Allah. Sementara oftimis, karena berbesar hati dan berhusnuzhan akan rahmat serta ampunan-Nya.

Badalu al-Isytimal, ( بدل الاشتمال ), adalah setingkat di bawah al-'Abidun, yakni komunitas shalihin yang mencintai Allah dan mereka pun dicintai oleh-Nya. Bagi mereka, tidak perlu takut dan khawatir, karena mendapat jaminan dari Allah ( Yunus : 62-63).

Ke-empat, Badalu al-Ghalat, ( بدل الغلط ) adalah representasi dari individu atau kolektif, yang justru mereka menukar ketaatan dengan kemaksiatan. Akhirat yang nilainya mutlak, kekal serta abadi, diganti /ditukar dengan dunia yang nisbi dan fana. Inilah kelas degradasi  paling bontot ( juru kunci) yang amat sangat naif dan hina. Dan itu adalah sejelek-jelek "Badal" (penggantian) bagi orang-orang zhalim ( al-Kahfi : 50 ).

Hidup, tidak lain adalah refleksi terukur dari fakta sebuah pilihan, dimana konsekuensi risikonya bermuara pada masing-masing pribadi. Untuk itu, silakan pilih, Anda mau bermukim di kavling mana? Di tipe kelas pertama,  ( Badalu al-Syai' Mina al-Syai'-komunitas 'Arifin), kelas ke-dua ( Badalu al-Ba'dh Mina al-Kul-komunitas 'Abidin-), kelas ke-tiga ( Badalu al-Isytimal-komunitas Shalihin dan kelas ke-empat ( Badalu al-Ghalat-komunutas Zhalimin).

         والله أعلم بالصواب.             

 

By-Drs. H. Saepullah S, M.Ag        

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke Facebook
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Postingan Populer

  • QS. At Thur 52: 27-28.
      🌷 K A S I H ( Kajian Ayat Suci Alquran Harian) QS. At Thur 52: 27-28. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: فَمَنَّ اللّٰهُ عَلَيْنَا ...
  • Layanan Repository Open Access erguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)
      Daftar Kampus yang menerapkan layanan repository open access berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di ...
  • QS. As-Shaff 61: 6-7.
       🌷 K A S I H ( Kajian Ayat Suci Alquran Harian) QS. As-Shaff 61: 6-7. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: وَاِ ذْ قَا لَ عِيْسَى ابْ...
  • REGENERASI DAN ESTAFETA  KEPEMIMPINAN VERSI ILMU SHARAF
                                                                                         اعلم أن التصريف فى اللغة التغيير ، وفى الصناعة تحويل ال...
  • Ibadah Puasa Melindungi Koruptor
     “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.’’ (QS. 2:...
  • DARI PLAY OFF MENJADI "REAL OFF"
      DARI PLAY OFF MENJADI "REAL OFF"  ( Dasar Nasib, Kalah Lagi Kalah Lagi). Sekali lagi saya katakan, bahwa kita terlalu terninabob...
  • Apa Itu AI (Artificial Intelligence)
       AI atau kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merujuk pada kemampuan mesin atau komputer untuk meniru kecerdasan manusia dalam mela...
  • AHMAD SYAUQI : GURU SEBAGAI RASUL PENYAMBUNG LIDAH AMANAT ALLAH  ( Selamat Hari Guru Nasional Ke-29 - 25 November 1994-2023)
      Ketika sebuah kosakata, termenologi, idiom atau struktur kekataan lainnya dilingkung aneka corak makna leksikal, sesungguhnya di situ leta...
  • QS. Al-Waqi'ah 56: 48-50.
     🌷 K A S I H ( Kajian Ayat Suci Alquran Harian) QS. Al-Waqi'ah 56: 48-50. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: اَوَاٰ بَآ ؤُنَا ال...
  • QS. As-Shaff 61: 10-11.
      🌷 K A S I H ( Kajian Ayat Suci Alquran Harian) QS. As-Shaff 61: 10-11. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ ا...

Kunjungan

Flag Counter

Total Pengunjung

Categories

  • Informasi (5)
  • KasiH (68)
  • NgoPi (66)

Pages

  • Beranda

Blog Archive

  • ►  2024 (113)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (47)
    • ►  April (22)
    • ►  Maret (29)
    • ►  Januari (14)
  • ▼  2023 (32)
    • ▼  Desember (32)
      • QS. At Thur 52: 32-34.
      • JADIKAN TAHUN BARU-2024- SEBAGAI PELUANG TOLOK UK...
      • Percikan Pikiran Di Tengah Percikan Petasan
      • QS. At Thur 52: 29-31.
      • MEMGINTIP ASA DI UFUK MENJELANG
      • QS. At Thur 52: 27-28.
      • TEORI ASBAB DAN TAJRID VERSI SYEIKH IBN 'ATHOILLAH...
      • QS. At Thur 52: 14-16.
      • QS. At Thur 52: 17-19.
      • QS. At Thur 52: 19-20.
      • QS. At Thur 52: 21-23.
      • QS. At Thur 52: 24-26.
      • MASUKLAH ANGGOTA KOMUNITAS AL-GHURABA !         
      • SELAMAT HARI PELAJAR INTERNASIONAL KE-84. (17 NOVE...
      • SELAMAT ULANG TAHUN MUHAMMADIYAH KE-111 (  Sebuah ...
      • SELAMAT HARI TOILET SEDUNIA KE-10-19 NOVEMBER 2013...
      • SELAMAT HARI ANAK SEDUNIA KE-69, 20 NOVEMBER 1954-...
      • SELAMAT HARI TELEVISI SEDUNIA KE-27-21 November 19...
      • AHMAD SYAUQI : GURU SEBAGAI RASUL PENYAMBUNG LIDAH...
      • MENYIMAK PERNYATAAN CONFUCIUS TENTANG PENDIDIKAN (...
      • SANG GURU PEMBERI NILAI SEGALANYA
      • KIAT MEMBANGUN KESATUAN DAN PERSATUAN VERSI JURUMIYAH
      • MAKNA KETERBUKAAN VERSI JURUMIYAH
      • REGENERASI DAN ESTAFETA  KEPEMIMPINAN VERSI ILMU S...
      • KEPASTIAN HUKUM PERSPEKTIF JURUMIYAH
      • Sosok Pemimpin Paripurna
      • MAKNA BADAL PERSPEKTIF SUFISTIK ( Kajian Jurumiyah)
      • BERPACU DALAM PERTARUHAN
      • SELAMAT PAGI
      • MUTIARA TAUSIYAH AL-SYAFI'I
      • KUBUR WUJUDMU DI TANAH TAK BERTUAN ( Menyimak Ungk...
      • KITA LEBIH BANYAK SAMA DARIPADA BEDA (Menyimak Ung...

Copyright © Blog Ilmiah Digital Dosen | Powered by Blogger
Design by Flythemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Free Blogger Templates